RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester          :  X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer

A.        KOMPETENSI DASAR

1.1.Mengaktifkan dan Mematikan Komputer dengan Prosedur yang benar

 

B.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1.1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer

            1.1.2. Menjelaskan pengertian booting
            1.1.3. Memperagakan cara Warm boot dan Cold boot

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah proses pembelajaran siswa dapat menceritakan kembali proses atau sejarah perkembangan komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot
3.      Siswa dapat memperagakan cara warm boot dan cool boot
4.      Siswa dapat memperagkan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.        MATERI PEMBELAJARAN

·         Sejarah Perkembangan Komputer
·         Cold Boot
·         Warm Boot

E.         MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran kooperatif

F.         SUMBER BELAJAR

3.1        Buku pegangan siswa LKS
3.2        Seperangkat computer
3.3        LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
·   Diskusi tentang sejarah perkembangan kompute dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang
·   Diskusi informasi tentang istilah Warm boot dan Cold Boot
·   Memperagakan cara untuk menghidupkan computer dengan metoda warm boot
·   Memeragakan cara untuk menghidupkan computer dengan Cold Boot
·   Siswa dapat Menjelaskan sejarah perkembangan komputer
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian warm boot
·   Siswa dapat Memperagakan cara melakukan Cold Boot dan Warm Boot

 

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.Pendahuluan

1.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2.      Apersepsi tentang tombol-tombol power pada komputer
3.      Motivasi tentang keunggulan yang dimiliki komputer

B.     Kegiatan Inti


Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan perkembangan komputer dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang.
·     Guru memperlihatkan kepada siswa seperangkat komputer dengan lengkap, atau siswa dibawa ke laboratorium komputer dan ditunjukan satu persatu bagian, bagian dari monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Fungsinya
·     Guru selalu mengingatkan siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun berkaitan dengan komputer dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada komputer dengan asumsi siswa masih banyak yang belum mengenal komputer
·     Guru menjelaskan melalui layar LCD kepada siswa posisi tombol power CPU dan Monitor

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang.
·     Guru memperagakan cara menghidupkan monitor dan CPU sampai komputer siap
·     Guru menjelaskan keadaan monitor di mana komputer telah siap dipergunakan
·     Siswa memperagakan cara menghidupkan

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.     Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.        PENILAIAN

·     Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1.  Tuliskan secara singkat sejarah perkembangan komputer 
2.  Faktor apa saja yang menyebabkan teknologi komputer berkembang sangat pesat 
3.  Jelaskan 3 komponen yang mendukung operasional komputer
4.  Apa yang dimaksud dengan (a) booting  (b) warm boot dan (c) coold booting
5.  Tuliskan secara lengkap prosedur untuk (a) coold boot (b) warm boot
6.   Jelaskan nama-nama alat berikut ini:
(a)                            (b)                                            (c)


 





·     Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer

No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Cara menghidupkan monitor




2
Cara menghidupkan CPU




3
Keterampilan warm boot




4
Keterampilan cara mematikan komputer




5
Prosedur, ketepatan dan kecepatan kerja




Rata-rata





Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77


                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001


RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer

A.    KOMPETENSI DASAR

1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi


B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.2.1. Menoperasikan Disk Operating Sistem

            1.2.2. Mengoperasikan beberapa program aplikasi

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

A.    Setelah proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan kembali fungsi dari DOS
B.     Siswa dapat mengoperasikan DOS
C.     Siswa dapat mengoperasikan direktory dari DOS
D.    Siswa dapat memberikan contoh beberapa program aplikasi
E.     Siswa dapat menjalankan salah satu program aplikasi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

  • Disk Operating Sistem (DOS)
  • Program Aplikasi
  • Paket Program

E.     MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran kooperatif
  • Model pembelajaran langsung

F.     SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa LKS
  • Seperangkat computer
  • LCD

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
·   Memperagakan beberapa operasi dalam DOS
·   Memperagakan cara menjalankanbeberapa program aplikasi
·   Siswa dapat Mengoperasikan Disk operating Sistem
·   Siswa dapat Mengoperasikan beberapa program aplikasi

 

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Pendahuluan

1.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2.      Apersepsi tentang bagaimana cara mengoperasikan komputer dan metoda yang dipelajari dari 2 pertemuan sebelumnya
3.      Motivasi tentang keistimewaan program cara kerja komputer

B.     Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Melalui informasi melalui LCD guru menjelaskan fungsi dari DOS
·     Guru memberikan contoh cara masuk ke DOS
·     Siswa mengikuti apa yang dilakukan guru
·     Guru menjelaskan cara membuat sub direktory, mengcopy dokumen, menghapus direktory, mengubah nama dokumen, menghapus dokumen, memformat disket
·     Siswa di bagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan anggota 3 orang, setiap kelompok diberikan masalah program aplikasi, program bahasa pemrogaran dan paket program

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa berlatih untuk  membuat sub direktory, mengcopy dokumen, menghapus direktory, mengubah nama dokumen, menghapus dokumen, memformat disket sesuai dengan yang buku pedoman atau soal yang ditampilankan di layar LCD atau di tuliskan di papan tulis.
·     Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya, siswa diminta untuk mencari referensi tentang program aplikasi, program bahasa pemrograman dan paket program
·     Siswa diminta untuk mendiskusikan masalah yang telah diberikan dengan mencocokan, membahas dan menyesuaikan dengan sumber bacaan yang mereka peroleh pada pertemuan sebelumnya
·     Guru memantau suasana diskusi, dan mengingatkan cara diskusi yang baik agar semua anggota diskusi dapat berperan secara aktif
·     Setelah berjalan kira-kiran 20 menit, satu persatu kelompok diminta untuk maju dan mempresentasikan hasil diskusinya
·     Kelompok yang lain diminta untuk memberikan tanggapan, pertanyaan, sanggahan dan penyempurnaan jawaban.
·     Guru memberikan penilaian pada aktifitas siswa pada saat diskusi
·     Setelah semua kelompok mempresentasikan maka guru memberikan penguatan-penguatan terhadap jawaban yang masih kurang sempurna.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);




C.    Penutup
·     Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk menyimpulkan jawab. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Guru memberikan soal latihan untuk menguji sekitar Indikator Pencapaian Kompetensi.  (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

 

H.    PENILAIAN

·         Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
  1. Apa yang dimaksud  Sistem Operasi,  jelaskan dan berikan contoh sistem operasi yang sekarang ada !
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan booting dan ada berapa jenis cara booting !
  3. Pada MS. DOS ada dua macam perintah yaitu perintah internal dan perintah ekstenal jelaskan apa maksudnya dan berikan contoh perintah tersebut !
  4. Jika  ingin membuat  direktori Data Komputer dari my dokumen, kemudian di dalam di direktori Data Komputer ingin di buat sub diirektory DOS, WORD, dan EXCEL bagaimana prosedurnya ?
  5. Dari soal no. 4 jika semua dokumen yang berakhiran DOC ada pada directory my dokumen akan dipindahkan ke direktori WORD bagaimana prosedurnya ?
  6. Bagaimana untuk (a) mengganti SAYA.HTML menjadi KOE.HTML
  7. File KOE.HTML akan digandakan ke drive A dengan nama INDAH.HTML bagaimana prosedurnya ?
  8. Apa tujuan dan pemformatan disket dan jelaskan jika disket yang ada di drive B akan diformat sekaligus diisi dengan sistem ?
  9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan program aplikasi dan berikan contohnya !
  10. Apa keunggulan dari paket program ?

·             Untuk penilaian kerja dilihat dari hasil diskusi setiap kelompok
Kelompok       : -
Nama anggota             :           1. ______________    4. _______________            
                                                2. ______________    5. ______________  
                                                3. _______________


No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Kerjasama kelompok




2
Mengajukan pertanyaan




3
Menjawab pertanyaan




4
Menjawab  pertanyaan dengan benar




5
Penyebararan partisipasi




Rata-rata




           

Kriteria
Sangat baik >= 12 kali       konversi nilai >90
Baik >= 8 kali                     konversi nilai 90 – 80
Cukup >= 6 kali                 konversi nilai 80 – 70
Kurang < 6 kali                  konversi nilai 40 - 60

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
SMA Negeri 1 Boyolali
Alamat : Jl. Kates No. 8 Boyolali
===================================================================
Soal Ulangan Harian Ke-1

Kompetensi Dasar :D 1.1. dan 1.2.                             Guru Mata Pelajaran: _________________
Nama   : _____________________                            Tanda tangan Orang tua: ______________
Kelas   : _____________________                                                               
Tanggal: _________________
Nilai    : KD 1.1.  ________
            : KD 1.2.. ________
===================================================================
BAGIAN 1. SOAL UJIAN TEORI
Petunjuk : Jawablah dengan jelas dan lengkap !

1.      Apa yang dimaksud dengan (a) Software  (b) hardware  (c) brainware ?
2.      Jelaskan apa kegunaan dari DOS !
3.      Sebutkan paket program yang kamu ketahui !
4.      Tuliskan cara masuk ke jendela Ms.DOS !
5.      Jelaskan secara singkat perkembangan dari komputer dan perkembangan dari Operating sistem !
6.      Jelaskan apa yang membedakan MS.DOS dan PC.DOS !

B. Bagian 2: EVALUASI  KEMAMPUAN PRAKTIK
Petunjuk: Sebelum melakukan aktivitas pastikan bahwa guru TIK atau instruktur di kelasmu sedang menyaksikan !

1.      Siapkan disket yang asih baru, masukan ke drive A, format disket tersebut sekaligus memasukan sistem !
2.      Aktifkan direktori my dokumen di drive C, copy semua dokumen ke dalam disket di A
3.      Aktifkan drive A dan tampilkan semua dokumen yang huruf keduanya A
4.      Hapus semua dokumen di A yang mempunyai nama dengan huruf ke-2 E
5.      Ubah salah satu file masih ada di A dengan namamu dan ektensi tetap sama

                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.       memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi       informasi dan komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR

2.1.    Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi


B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

2.1.1. Membedakan data dan informasi

2.1.2   Menggambarkan siklus proses informasi


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan data dan informasi
2.      Siswa dapat memberikan contoh sesuatu yang termasuk data dan informasi dari suatu bacaan yang diperoleh
3.      Siswa dapat menjelaskan perkembangan bahasa komputer
4.      Siswa dapat menuliskan beberapa kode ASCII dan nomornya
5.      Siswa dapat menggambarkan pola pengolahan informasi oleh komputer
6.      Siswa dapat menjelaskan pengertian bahasa biner
7.      Siswa dapat mengkonversi bilangan berbasis 10 ke berbasis biner atau sebaliknya
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

·         Data dan informasi
·         Pengolahan data oleh komputer
·         Bilangan biner

E.     MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran kooperatif
  • Model pembelajaran langsung

F.     SUMBER BELAJAR

·      Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
·      Seperangkat computer
·      LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendeskripsikan fungsi kerja komputer, komunikasi serta perbagai peralatan teknologi informasi
·   Melalui diskusi dalam kelompok-kelompok siswa di ajak untuk memahami cara penulisan bilangan biner (berbasis angka 2) dan bilangan berbasis angka 10
·   Siswa dapat Membedakan antara data dan informasi
·   Siswa dapat Menggambarkan siklus proses informasi

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Pendahuluan

·     Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·     Apersepsi tentang bagian-bagian komputer
·     Motivasi tentang koneksi antara bagian komputer

B.     Kegiatan Inti


Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil maksimal setiap kelompok terdiri atas 5 siswa
·     Guru Memberikan gambaran tentang data dan informasi
·     Guru memberikan gambar di layar LCD, lembaran foto copy atau dipapan tulis mengenai pola  pengolahan data oleh komputer
·     Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari gambar yang ada
·     Guru meminta siswa untuk menuliskan bilangan pangkat 2 didepan kelas 22 = 4, 23 = 8, dan seterusnya, perlu ditekankan sampai siswa memahami perpangkatan tersebut sampai 210
·     Guru memberikan contoh tentang konversi bilangan  berbasis 10 ke bilangan biner atau sebaliknya

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa berdiskusi, bertukar pendapat dan saling menjelaskan tentang data dan informasi
·     Guru meminta setiap kelompok untuk membuat kalimat dan menjelaskan dari kalimat yang mereka buat, mana yang termasuk data dan mana yang termasuk informasi
·     Dengan bimbingan guru siswa diajak untuk membuat kesimpulan pembelajaran yang dilaksanakan pada saa ini
·     Guru menginformasikan tempat-tempat dan hardware tempat diprosesnya data dan informasi dan komputer
·     Guru menjelaskan fungsi dari RAM dan ROM
·     Siswa diminta untuk membuat kesimpulan pada pertemuan yang bersangkutan
·     Siswa diminta untuk mengerjakan beberapa soal mengenai konversi bilangan biner
·     Guru meminta beberapa orang siswa untuk menuliskan hasil kerjanya di papan tulis
·     Guru memberikan arahan, kepada siswa yang belum memahami materi pada saat itu

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C. Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.    PENILAIAN

·     Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
  1. Jelaskan apa perbedaan antara data dan informasi
  2. Apa yang dimaksud dengan (a) brainware   (b) software   (c) hardware
  3. (a) Andi Odang adalah pemain Sriwijaya FC yang berusia 27 Tahun
(b) Pak Darmanto memberi nilai 100 karena semua jawabanku benar
(b) Trissa baru berulang tahun yang ke 15
(d) Palembang merupakan kota yang berdiri 500 tahun lalu
Dari hal-hal di atas jelaskan mana yang merupakan data dan mana yang merupakan informasi
  1. Berapa tanggal, bulan dan tahun ulang tahunmu ? Coba kamu ubah tanggal ultahmu itu ke dalam bahasa biner atau bahasa berbasis biner
  2. Gambarkan dan jelaskan skema pengolahan data pada komputer
  3. Apa yang dimaksud dengan :
a.       (a) Bahasa Asemblly               (b) Bahasa Fortran      (c) Machine Dependent
b.      (d) Bahasa Deklaratif              (e) ASCI



                                                                                                                                                                                                                                                            Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001


         RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : TIK
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.       Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi                                                       informasi dan komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR

2.2.    Menjelaskan Fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wire, wireless, modem dan satelit)

 

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

2.2.1. Menggambarkan jaringan komputer

2.2.2  Menunjukan perangkat keras dalam system informasi

            2.2.3. Memperagakan fungsi kerja perangkat keras

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Siswa dapat menjelaskan maksud dari jaringan komputer
2.      Siswa dapat memberikan contoh beberapa topologi jaringan
3.      Siswa dapat membedakan LAN dan WAN
4.      Siswa dapat menggambarkan topologi bus
5.      Siswa dapat menggambarkan topologi ring
6.      Siswa dapat menggambarkan topologi hirarki
7.      siswa dapat menggambakan topologi star
8.      Siswa dapat menggambarkan topologi mesh
9.      Siswa dapat menjelaskan prinsip komunikasi data pada komputer
10.  Siswa dapat menunjukan kabel koaksial
11.  Siswa dapat menjelaskana bagian dari kabel koaksial
12.  Siswa dapat menjelaskan prinsip modulasi gelombang
13.  Dari gambar Siswa dapat mempresentasikan pola jaringan pada nir kabel
14.  Siswa dapat membedakan konektor pada kabel koaksial dan kabel utp
15.  Siswa dapat menjelaskan keistimewaan dari kabel serat optik
16.  Siswa merancang jaringan untuk keperluan sekolah
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

·         Jaringan computer
·         Topologi jaringan
·         Prinsip komunikasi dan media informasi komunikasi

E.     MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran langsung

F.     SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  • Seperangkat computer
  • LCD, atau Carta


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
·   Melalui gambar, bahan nyata siswa diajak untuk memahami tentang topologi jaringan, kabel, konektor
·   Siswa dapat Konsep jaringan komputer
·   Siswa dapat Menunjukan perangkat keras dalam sistem informasi
·   Siswa dapat Memperagakan fungsi perangkat lunak

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

        A.      Pendahuluan

·     Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·     Apersepsi komunikasi dua bank di tempat yang berjauhan
·     Motivasi tentang koneksi telepon seluler

         B.      Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru menjelaskan konsep jaringan pada komputer
·     Siswa menyimak, mencatat dan menyimpulkan penjelaskan tentang jaringan komputer
·     Guru memberikan contoh nyata atau gambar menegai kabel koaksial, kabel utp, dan konektornya
·     siswa diminta untuk memahami obyek tersebut menggambarnya dalam buku catatan dan memberikan penjelasan pada catatanya.
·     Guru menjelaskan prinsip modulasi gelombang radio
·     Siswa diminta untuk menjelaskan dari gambar yang disajikan tentang teknologi nirkabel dan cara pemancaran gelombangnya
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru menunjukan gambar tentang jaringan komputer
·     Siswa diminta untuk memahami karakter dari masing-masing topologi jaringan yang disajikan
·     siswa diminta untuk menjelaskan kembali beberapa topologi jaringan yang sudah dipelajari
·     Guru memberikan gambar tentang serat optik menjelaskan bagian-bagian dan serat optik serta prinsip kerja dari serat optik
·     Guru meminta kepada siswa untuk menggambarkan posisi gedung di sekolah
·     Siswa diminta untuk membuat gambar sistem jaringan untuk sekolah mereka menentukan topologi dan kabel yang digunakan dan memperkiran material yang dibutuhkan, jika tidak selesai di lanjutkan sebagai proyek
·     Siswa dapat menunjukan perangkat keras (hardware untuk input defice, ootuput defice)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C. Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.    PENILAIAN

·             Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
  1. Apa yang dimaksud dengan Jaringan dan sebutkan beberapa contoh jaringan dan penjelasannya !
  2. Apa yang dimakud dengan topologi jaringan dan gambarkan 2 jenis yang paling kamu pahami !
  3. Jelaskan prinsip-prinsip pengiriman dapat pada LAN
  4. Jelaskan jenis-jenis kabel koaksial yang telah dipelajari 
  5. Apa yang dimaksud dengan (a) nir kabel    (b) ethernet   (c) serta optik   (d) internet
  6. Apa jenis kabel berikut inidan fungsinya!    
(a)                                   (b)                                           (c)





  1. Apa yang dimaksud dengan (a) RAM  (b) ROM  (c) Input Defice  (d) Output Defice (e) berikan masing-masing 2 contoh untuk soal (d) dan (e)
  2. Apa fungsi dari (a) Microprocessor   (b) Motherboard ?
  3. Jelaskan bagian dari keyboard dan fungsinya masing-masing !
  4. Jelaskan masing-masing keunggulan dari perangkat penyimpan data (a) floppy disk (b) Flashdisk  (c) Compact disk (d) Harddisk
  5. Carilah beberapa buku komputer dan jelaskan fungsi-fungsi tombol F1 s/d F12 menurut program dan buku yang kamu temukan !
  6. Jelaskan perbedaan CD, CDR, dan CDRW!
  7. Jelaskan perbedaan antara pinter Dot matrik dengan printer laser-jet !


                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001


RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          :  X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.       Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi                                                       informasi dan komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR

2.3. Mendemontrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

 

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

2.3.1. Menunjukan macam-macam perangkat lunak

2.3.2. Membedakan fungsi perangkat lunak menunjukan perangkat keras dalam system

          informasi

           

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1        Siswa dapat mengidentifikasi sistem operasi

2.      Siswa dapat meyebutkan bahasa pemograman
3.      Siswa dapat menyebutkan paket program
4.      Siswa dapat memberikan contoh program-program pengolah kata
5.      Siswa dapat menjalankan program pengolah kata Ms. Word
6.      Siswa dapat memberikan contoh program-program pengolah angka
7.      Siswa dapat menjalankan program pengolah angka
8.      Siswa dapat mengidentifikasi program-program pengolah data
9.      Siswa dapat menjalankan salah satu program pengolah data
10.  Siswa dapat mengidentifikasi program pengolah presentasi
11.  Siswa dapat menjalankan program pengolah presentasi
12.  Siswa dapat mengoperasikan winamp
13.  Siswa dapat mengoperasikan program power DVD
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

·         Paket program pengolah kata
·         Paket program pengolah angka dan presentasi
·         Paket program mutltimedia

E.     MODEL PEMBELAJARAN

  • Model pembelajaran langsung

F.     SUMBER BELAJAR

  • Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  • Seperangkat komputer
  • Pogram pengolah kata, pengolah angka, pengolah presentasi, program multimedia
  • LCD, atau Carta

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mendemostrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak  dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi
·   Melalui pembelajaran langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian hardware, memmberikan contoh dan kegunaannya di komputer
·   Melalui pembelajaran langsung siswa diajak untuk mendesksipkan pengertian software dan memberikan contoh serta kegunaanya di dalam kehidupan sehari-hari
·   Siswa dapat Menunjukan macam-macam perangkat lunak
·   Siswa dapat Membedakan fungsi perangkat lunak

 

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

        A.      Pendahuluan

·     Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
·     Apersepsi tentang penegetikan surat
·     Motivasi tentang siaran radio yang dapat merekues lagu dengan cepat

         B.      Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru menjelaskan beberapa contoh program pengolah kata
·     Guru memperagakan cara menjalankan program pengolah kata MS. Word
·     Guru menjelaskan kepada siswa kapan program pengolah kata telah aktif dan sudah siap untuk digunakan dan cara menonaktifkan program pengolah kata
·     Guru menjelaskan cara menjalankan program aplikasi angka Lotus 123 atau Microsoft Excel
·     Siswa memperagakan dengan komputer cara mengaktifkan program pengolah angka
·     Siswa diminta untuk menggunakan beberapa menu pada program  pengolah angka
·     Siswa diminta untuk mengoperasikan program pengolah presentasi Microsoft Power Point
·     Siswa diminta untuk menggunakan beberapa menu pada pengolah presentasi
·     Guru menjelaskan beberapa program multimedia
·     Siswa diminta untuk mengoperasikan program Winamp dan memutar lagu-lagu yang ada pada komputer
·     Siswa diminta untuk memilih lagu pada folder yang berbeda-beda
·     Siswa diminta untuk mengoperasikan  program Power DVD
·     Siswa diminta untuk menjalankan Compact disk melalui cd room

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Siswa diminta untuk memperagakan cara mengaktifkan program pengolah kata
·     Siswa diminta untuk menggunakan beberapa menu pada program pengolah kata
·     Siswa diminta untuk keluar / menonaktifkan program pengolah kata


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C. Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.    PENILAIAN

·             Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 – 100
1.      Tuliskan kelompok software yang telah dipelajari !
2.      Tuliskan keunggulan dan kelemahan softaware-software pengolah kata (a) WS  (b) Chi Writer (c) Word Prefect
3.       Jelaskan cara untuk mengaktifkan MS. Access dan apa kegunaan dari program tersebut
4.      Bagaimana jika kita akan menjalan CorellDraw ?
5.      Tuliskan prosedur menjalankan Makromedia Flash dan apa kegunaan program tersebut
6.      Apa kegunaan program winamp, windows media player dan Power DVD
7.      Jelaskan prosedur untuk menjalankan lagu Iwan Fals yang ada di Folder Iwal Fals dengan menggunakan Winamp

                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP  )

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester          :  X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi
      Informasi dan Komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR

 2.4  Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak Bahasa Pemrograman

 

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

*       Menggunakan perangkat lunak (bahasa Pemrograman)
*       Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak Bahasa Pemrograman

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah proses pembelajaran siswa dapat Menggunakan perangkat lunak (bahasa Pemrograman)
2.      Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak Bahasa Pemrograman
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

·         Pengenalan Fitur Software Bahasa Pemrograman pascal
·         Algoritma dan pemrograman
·         Flowchart
·         Bahasa program (pseudocode)

E.     MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran kooperatif

F.     SUMBER BELAJAR

1.         Buku pegangan siswa LKS
2.         Seperangkat computer
3.         LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Pengenalan Software pascal
·   Diskusi tentang sejarah perkembangan software pascal
·   Diskusi informasi tentang algoritma, flowchart dan pseudocode(bahasa program)

·   Siswa dapat Menjelaskan sejarah software pascal
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian algoritma, flowchart dan bahasa program
·   Siswa dapat Memperagakan cara menggunakan software pascal

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Pendahuluan

1.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2.      Apersepsi tentang sejarah software pascal
3.      Motivasi tentang keunggulan yang dimiliki software pascal

B.     Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan perkembangan software pascal.
·     Guru memperkenalkan kepada siswa algoritma dan flowchart
·     Guru menjelaskan melalui layar LCD urutan langkah membuat program

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah software pascal.
·     Guru memperagakan cara membuat algoritma dan flowchart
·     Guru menjelaskan urutan langkah pembuatan algoritma dan flowchart
·     Siswa memperagakan cara membuat algoritma, flowchart dan bahasa program

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.    Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.    PENILAIAN

·             Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1.      Jelaskan Struktur program Pascal!
2.      Tulis algoritma untuk memasukkan dua bilangan kemudian menampilkan bilangan terbesar diantara 2 bilangan tersebut
3.      Sebutkan dan jelaskan  simbol flowchart 5 saja!
4.      Buat flowchart untuk menentukan seseorang naik atau tidak naik dengan ketentuan jika rata – rata nilai IPA, IPS dan Bahasa Indonesia minimal 80
5.      Perhatikan program berikut :
Program contoh;
Begin
    Writeln(‘Selamat Datang di SMA Negeri I ‘);
    Writeln(‘Boyolali’);
End.
Apabila program tersebut di RUN, maka hasilnya ….
6.      Perhatikan penggalan program berikut
Program p;
Var X,Y,Z : Integer;
Begin
Write(‘Masukkan Bilangan ke 1 :’);
   Readln(X);
Write(‘Masukkan Blangan ke 2 :’);
   Readln(Y);
Z:=X*Y;
Writeln(‘Hasil Perkaliannya = ‘,Z:8:2);
Readln;
End.
Jelaskan Kesalahan program diatas!
7.      Dari program diatas yang merupakan input adalah………………….
8.      Pada contoh program no 1 jika diinputkan X=2.5 dan Y=3, maka type data yang tepat untuk x,ydan z adalah……………………
9.      Jika ditentukan bahwa tunjangan anak sebesar Rp. 5000 dan hanya 2 anak saja yang mendapat tunjangan maka programnya adalah….
10.   Buatlah Program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                            Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001


RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 3.Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi

A.        KOMPETENSI DASAR

3.1.        Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak

 

B.         INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.      Menjelaskan tentang aturan hak cipta

2.      Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta

3.      Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta

4.      Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi


C.        TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Setelah proses pembelajaran siswa dapat memberikan contoh perangkat lunak
·         Diberikan beberapa contoh mengenai hasil karya orang lain siswa diharapkan dapat menghargainya
·         Siswa dapat menghindari mencopy hasil karya secara tidak syah
·         Siswa dapat menghindari dari praktek-praktek mengubah/memodifikasi program orang lain
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.        MATERI PEMBELAJARAN

·         Etika moral penggunaan perangkat lunak
·         Hak cipta perangkat lunak
·         Akibat-akibat pelanggaran hak cipta
·         Cara melindungi hasil karya

E.         MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran kooperatif biasa

F.         SUMBER BELAJAR

·         Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
·         Buku tentang Undang-undang hak cipta

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perang lunak
·   diskusi siswa diajak untuk membicarakan masalah aturan hak cipta, dampat pelanggaran hak cipta dan aturan-aturan berkaitan dengan hak cipta
·   Siswa dapat Menjelaskan tentang aturan hak cipta
·   Siswa dapat Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
·   Siswa dapat Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
·   Siswa dapat Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi

 

G.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.        Pendahuluan

2.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
3.      Apersepsi tentang penciptaan sebuat produk industri
4.      Motivasi tentang hak cipta yang dimiliki oleh seseorang

B.         Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatip, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Dengan nama Kelompok Monitor, CPU,  Keyboard dan Printer
·     Guru memberikan penjelasan tentang tata cara diskusi
·     Guru memonitor jalanya diskusi dari awal sampai akhir
·     Kelompok Keyboard membahas menghindari menngkopi secara tidak syah (ilegal copy)
·     Kelompok Printer mambahas Menghindari / mengubah hasil program orang lain

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru membagi materi pada setiap kelompok
·     Kelompok  Monitor  membahas contoh-contoh hak cipta perangkat lunak
·     Kelompok CPU membahas pernghargaan terhadap hasil kreasi orang lain
·     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
·     Kelompok lain diminta untuk memberi tanggapan terhadap hasil diskusi setiap kelompok yang tampil
·     Guru menuliskan poin-poin penting (kata kunci) pada saat disksi berlangsung
·     Dengan bibingan guru siswa diminta untuk membuat kesimpulan pada setiap materi

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.    Penutup

·     Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·     Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.        PENILAIAN

·     Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1.  Apa yang dimaksud dengan (a) hak cipta   (b) apa arti tanda ® pada sebuat produk
2.  Bagaimana cara kita untuk  menghargai hasil karya orang lain ?
3.  Sebutkan undang-undang melindungi kekayaan intelektual !
4.  Bagaimana caranya agar karya kita tidak dibajak orang lain ?
5. Apa sanksi yang diberikan pada pelanggar hak cipta ?
    
·     Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
No
Bidang Penilaian
Skor
Sangat Baik
Baik
Sedang
Kurang
1
Kerja sama




2
Menghargai pendapat orang lain




3
Mengeluarkan pendapat




4
Keaktifan dalam diskusi




5
Kemampuan mengemukakan pendapat, argumen, sanggahan dan pembetulan jawaban




Rata-rata





Kriteria / Konversi nilai
Sangat baik >=90 , Baik  90 -  80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77

                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran          : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester       : X /1 (SATU)
Standar Kompetensi             : Menerapkan Prinsip-Prinsip Keselamatan  dan Kesehatan Kerja (K3)
                                    dalam Menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi
informasi dan komunikasi dalam menggunakan perangkat teknologi dan komunikasi
Waktu                       :  2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI DASAR

3.2. Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

§  Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
§  Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
§  Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
§  Siswa dapat memperagakan cara duduk yang benar di depan komputer
§  Siswa dapat Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

E.     SUMBER BELAJAR

1.  Buku pegangan siswa (1) Karya  Sadiman, S.Pd Penerbit Erlangga 
2.  Seperangkat computer beserta dengan tempat duduknya
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
·   memperagakan cara-cara untuk menjaga K3 dalam menggunakan komputer
·   Siswa dapat Mengetahui prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
·   Siswa dapat Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
·   Siswa dapat Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.     Pendahuluan

1.      Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2.      Apersepsi tentang kalkulator dan sempoa
3.      Motivasi penggunaan  komputer dalam perdagangan

B. Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru memperagakan cara duduk didepan komputer
·     Beberapa siswa mempraktekan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru memperagakan bagaimana posisi tangan dalam mengetik
·     Beberapa siswa diminta untuk mempraktekan
·     Guru menjelaskan bagaimana menjaga mata dari radiasi dari monitor
·     Guru menjelaskan beberapa bahaya yang harus dihindari dalam penggunaan komputer
·     Guru menjelasakan bagaimana menjaga keselamatan dalam penggunaan komputer
·      Siswa diminta untuk menjelaskan kembali apa-apa yang telah dijelaskan guru
·     Guru menjelaskan prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

C.    Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

 

G.    EVALUASI

1.  Bagimana caranya duduk didepan computer supaya tidak cepat  lelah
2.  Bagaimana caranya agar posisi kita agar nyaman dalam mengetik
3.  Bagaiman kondisi ruangan agar perangkat keras kita awet
4.  Bagaiana cara menjaga kesehatan mata bagai pemakai computer rutin
5. Bagaimana caranya menhidupan computer dan perangkatnya
6. Bagaimana caranya mematikan komputer
    
                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001



RENCANA PELAKSANAAN   PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester          : X / 1 (SATU)
Waktu                         :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR

     3.3. Menghargai pentingnya hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.      Menjelaskan tentang undang-undang mengenai hak atas kekayaan intelektual aturan hak cipta

2.      Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Setelah proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan tentang undang-undang hak cipta
·         Siswa dapat menjelaskan contoh hak cipta dalam perangkat lunak
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

D.    MATERI PEMBELAJARAN

·         Undang-undang hak cipta

E.     MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran kooperatif

F.     SUMBER BELAJAR

·         Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
·         Buku tentang Undang-undang hak cipta

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menghargai pentingnya hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
·   diskusi siswa di ajak untuk memahami undang-undang hak cipta yang berkaitan dengan perangkat lunak
·   Siswa dapat Menjelaskan tentang undang-undang hak kekayaan intelektual
·   Siswa dapat Menjelaskan contoh hak cipta dari perangkat lunak

 

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.    Pendahuluan

·     Menuliskan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
·     Apersepsi tentang penciptaan pembajakan
·     Motivasi tentang keuntungan hak cipta

A.    Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·     Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatip, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Dengan nama Kelompok Monitor, CPU,  Keyboard dan Printer
·     Guru memberikan penjelasan tentang tata cara diskusi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·     Guru membagi materi diskusi yaitu tentang undang-undang hak cipta, dan menjelaskan hak cipta dari perangkat lunak
·     Guru memonitor jalanya diskusi dari awal sampai akhir
·     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
·     Kelompok lain diminta untuk memberi tanggapan terhadap hasil diskusi setiap kelompok yang tampil
·     Guru menuliskan poin-poin penting (kata kunci) pada saat disksi berlangsung
·     Dengan bibingan guru siswa diminta untuk membuat kesimpulan pada setiap materi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);

B.     Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);

H.    PENILAIAN

·          Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1.      Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menurut undang-undang hak cipta !
2.      Jelaskan perkembangan undang-udangan hak cipta di Indonesia !
3.      Apa yang menyebabkan Indonesia harus diawasi oleh lembaga internasional tentang hak cipta !
    
                                                                                                Boyolali , 16 Juli 2012
Mengetahui,                                                                          
Kepala SMAN 1 Boyolali                                                       Guru Mapel TIK



Drs. Agung Wardoyo                                                           Sutarno
NIP. 19620301 198903 1 013                                                            NIP. 196902072005011001

No Response to " "

Posting Komentar

dipersembahkan kepadaSMANSAUntuk kita bersama